Rabu, 23 Maret 2011

Hari Air Sedunia, Anak-anak SD Menebar Bibit Ikan


Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan tersebut tercetus pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Jeneiro Brasil. Pada tahun 2008, dijadikan Tahun Sanitasi Internasional, sesuai dengan tema World Water Day yaitu sanitasi. Tujuan dari peringatan ini adalah menyadarkan kita akan pentingnya air bersih dan usaha untuk menyadarkan pengelolaan air bersih yang berkelanjutan. Mungkin pada saat ini kita masih bisa menikmati air bersih dengan cuma-cuma. Tapi bagaimana kondisi kita saat 20 tahun lagi atau 50 tahun lagi. Apakah kita masih bisa merasakan air bersih lagi.

 Dalam memperingati Hari Air Sedunia ini di Taman Balekambang pada hari Selasa, 22 Maret 2011 lalu para siswa dari SD Al-Fattah Manahan Surakarta mengadakan kegiatan menebar bibit ikan. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak kelas III-VI yang berjumlah sekitar 300 siswa. Anak-anak SD ini melepas sekitar 900 bibit ikan di dua  kolam Taman Balekambang. Jenis bibit ikan yang disebar antara lain nila, gurameh, dan tombro.

Anak-anak SD ini terlihat antusias melakukan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Air ini. Dengan dibimbing beberapa staf  pengajar mereka melepaskan bibit-bibit yang mereka bawa dengan kantong plastik berisi air. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan para generasi penerus yang masih berada dalam jenjang pendidikan dasar ini dapat memahami akan pentingnya menjaga lingkungan agar sumber-sumber air terjaga kelestariannya dan kelak generasi yang akan datang tetap bisa menikmati air bersih, karena air bersih memegang peranan yang sangat vital dalam semua lini kehidupan. (Ayu & Septi)

Clean Water for a Healty World (Air Bersih Untuk Dunia Sehat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar